Jelajah
BAYARLAH PBB TEPAT WAKTU
IMG-LOGO
Berita Desa

Giat Fogging Antisipasi Demam Berdarah

Create By 15 December 2021 68 Views
IMG

TRASAN- Ditengah kekhawatiran pandemi covid-19, masyarakat harus tetap waspada dengan penyakit lain yang mengancam kesehatan dan keselamatan jiwa. Salah satu penyakit yang masih perlu diwaspadai yaitu Demam Berdarah atau sering disebut dengan DBD. Oleh karena itu, Pemerintah Desa Trasan bersama Puskesmas Bandongan melakukan fogging atau pengasapan dengan insektisida untuk membasmi nyamuk demam berdarah. Hal itu untuk mencegah penyebaran/penularan penyakit demam berdarah dengue fogging tidak memutus mata rantai nyamuk penyebar DBD karena hanya membunuh nyamuk dewasa, namun diharapkan bisa meminimalisasi penyebaran. Kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat yakni Dusun Sindon dan Dusun Sengon.

Fogging dilakukan hari Senin dan Selasa tanggal 13-14 Desember 2021. Puskesmas Bandongan menggandeng beberapa pihak demi kelancaran kegiatan fogging ini, antara lain Perangkat Desa, Kader Dusun, Petugas kesehatan, dan Babinkamtibmas Desa Trasan. Kegiatan dimulai dengan briefing di rumah Kadus Dusun Sindon Ibu Seneng Sujarwati, dilanjutkan pelaksanaan fogging dimulai jam 08.00 WIB, dan selesai sekitar pukul 11.30 WIB.

Walaupun fogging telah dilaksanakan, namun tetap diperlukan dukungan, kerjasama, dan peran aktif dari seluruh warga masyarakat melalui kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan 3M Plus yaitu Menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain; Menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya; Mendaur/ menggunakan kembali  yang sudah tak terpakai Plus cara lain diantaranya menaburkan bubuk larvasida (lebih dikenal dengan bubuk abate) pada tempat penampungan air yang sulit dikuras dan dibersihkan

 

96,8 FM Radio Gemilang