Jelajah
IMG-LOGO
Berita Desa

Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio

Create By Admin Pemerintah Desa Trasan 22 January 2024 149 Views
IMG

Kegiatan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) Polio Desa Trasan diselenggarakan oleh Puskesmas Bandongan Jumat 19 Januari 2024, berlokasi di tiga titik yakni Dusun Sindon, Dusun Plikon dan Dusun Paingan dengan jumlah Sasaran 0-59 bln 373 balita, TK/PAUD 170, SD/MI total 590. Sedangkan Cakupan 0-59 bln mencapai 379, TK/PAUD 158, SD/MI 45 Total cakupan 582. Capaian keseluruhan 98,64%. Beberapa pos PIN ada sasaran baru Perlu swepping karena ada balita yg blm imunisasi, Vaksin polio terpakai 12 viral.

Turut hadir Babinsa, Babinkamtibmas, Kepala Desa, Kepala Puskesmas Bandongan, Bidan Desa, Bapak/Ibu Kepala Dusun, Peserta KKN Untidar, KKN UIN Salatiga serta pendampingan Ketua TP PKK Desa Trasan Ibu Nok Haryati dan seluruh kader kesehatan Desa. Dalam hal ini ibu ketua berpesan kepada warganya untuk senantiasa menjaga kesehatan serta ikut mensukseskan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN), sehingga terwujudlah Desa Trasan bebas dari penyakit polio.

Polio adalah penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus polio. Virus polio menyerang sistem syaraf pusat yang dapat menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian. Virus ini berkembang biak di dalam saluran pencernaan dan keluar melalui tinja. Virus tersebut dapat bertahan selama 3-6 minggu pada tinja dan dapat masuk ke dalam tubuh melalui mulut dan air atau makanan yang terkontaminasi kotoran/tinja orang yang terinfeksi virus polio. 

Salah satu gejala polio adalah lumpuh layu, yaitu kelumpuhan yang terjadi secara mendadak dan bersifat layuh atau lemas pada anak di bawah usia 15 tahun.

Polio adalah penyakit yang tidak dapat diobati, namun dapat dicegah dengan imunisasi.

Berikut adalah beberapa cara pencegahan penyakit polio:

1. Imunisasi polio

2. Buang air besar (BAB) di toilet/WC

3. Tidak membuang diapers/popok bayi sembarangan

4. Rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir

5. Membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)