Jelajah
IMG-LOGO
Berita Desa

Fogging Antisipasi Demam Berdarah

Create By Admin Pemerintah Desa Trasan 20 June 2024 65 Views
IMG

Desa Trasan – Rabu tanggal 19 Juni 2024 Pemerintah Desa Trasan menggelar kegiatan fogging sebagai bagian dari upaya pemberantasan sarang nyamuk Aedes Aegypti. Banyak kasus ditemukan di Desa Trasan dengan gejala rasa sakit kepala, nyeri sendi, mual, muntah disebabkan oleh sejenis virus yang termasuk dalam keluarga tigaviridae genus alphavirus atau masyarakatya akrab dengan istilah chikungunya. Virus ini ditularkan atau sebarkan oleh faktor yang sama dengan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Dalam kegiatan yang berlangsung selama 1 hari, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang 6 personil, Puskesmas Bandongan 3 personil, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan segenap relawan Lembaga Pengurangan Resik Bencana (LPRB) Desa Trasan sebanyak 30 peserta Bersama-sama melaksanakan giat fogging dan bersih dusun. Upaya fogging ini merupakan bentuk antisipasi kita dalam menekan meluasnya demam berdarah di Desa Trasan, sasaran utama ada di Dusun Paingan dengan jangkauan semua rumah warga (tanpa terkecuali), area pekarangan dan tempat ibadah. Apabila ada rumah dengan adanya balita dan lansia kondisi sakit bisa dievakuasi terlebih dahulu untuk menghindari asap fogging. Dan bagi rumah tertutup tidak ada penghuni tetap disemprot melalui celah roster yang ada. Tutur Kepala Desa Trasan Bagawt Gita.

Kegiatan fogging massal ini diharapkan juga dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam menjalankan upaya pencegahan penyakit menular melalui langkah-langkah preventif yang efektif. Dengan kerjasama antara pemerintah desa, petugas kesehatan, dan partisipasi aktif masyarakat, diharapkan Indonesia dapat terus memperkuat sistem kesehatannya dalam menghadapi berbagai tantangan kesehatan masyarakat.